Rabu, 22 Februari 2012

Rahmat Pengantar Sukses

Jika untuk meraih sukses di dunia beratnya bukan main, bagaimana mungkin kita bisa sukses di akherat, tempat yang super gaib itu? Jawabannya adalah karena ada rahmat Allah. Bahkan Rasulullah SAW pun masuk surga karena rahmat Allah SWT.

Lalu apa itu rahmat Allah? Rahmat adalah segala kebaikan, semua hal positif, yang Allah SWT anugerahkan kepada semua manusia tanpa kecuali. Imam Ghozali, dalam Ihya ‘Ulumud-din, menjelaskan bahwa ada tiga macam rahmat Allah. Pertama, adalah rahmat azazi, yaitu rahmat dasar atau umum yang Allah berikan kepada semua manusia, tidak membedakan beriman atau tidak. Rahmat ini diberikan tanpa diminta, seperti mata, telinga, otak, kaki, tangan, dan anggota tubuh yang lain. Termasuk fungsi dari masing-masing anggota tubuh, seperti melihat, mendengar, merasa, berpikir, berjalan, bekerja, dan sebagainya. Walaupun anggota tubuh manusia serupa dengan anggota tubuh monyet, tetapi manusia memiliki fungsi dan kemampuan yang jauh lebih sempurna. Rahmat yang dibagi ini adalah potensi dasar, potensi azazi, untuk mengenal Allah SWT.

Kedua, rahmat ikhtiariy atau rahmat berusaha, yaitu dorongan berusaha yang sesuai dengan minat dan bakat yang Allah berikan. Ada orang yang minat dan bakatnya pada matematika, bahasa, seni, olah raga dan sebagainya. Dengan minat dan bakat yang berbeda-beda ini kita memiliki profesi yang berbeda-beda pula. Hikmahnya adalah kita tidak perlu berebut rizki, karena Allah Yang Maha Kaya telah membagi rizki-Nya melalui berbagai jalan sesuai minat dan bakat kita. Yang harus kita lakukan adalah berdoa dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meraih karunia Allah di dunia dan akherat.

Ketiga, rahmat tambahan, yaitu rahmat yang Allah berikan sesuai kehendak Allah, jumlahnya maupun kepada siapa diberikan. Rahmat ketiga disebut juga dengan barokah. Syarat untuk mendapatkan barokah adalah dengan iman dan taqwa, sebagaimana firman Allah SWT (QS 7:96), “Jikalau sekiranya penduduk negri-negri beriman dan bertaqwa sungguh akan Kami bukakan bagi mereka pintu barokah dari langit dan dari bumi”.

Tidak ada komentar: